Sunday , 19 November 2017

Rektor Buka Training ESQ 2015

Peserta ESQ dari Fakultas Pertanian

Peserta ESQ dari Fakultas Pertanian

Bertempat di Auditorium Universitas Sebelas Maret (UNS) Rektor, Prof. Dr. Ravik Karsidi, MS membuka Training ESQ untuk mahasiswa baru 2015, baik untuk Program S1 maupun Diploma, Senin (7/9/2015). Hadir dalam acara pembukaan tersebut Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Dr. Ir. Darsono, M.Si, Dekan, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, serta para Kasubbag Bidang Kemahasiswaan dan Alumni di lingkungan fakultas. Pelaksanaan hari pertama training ini diikuti oleh mahasiswa fakultas pertanian yang jumlahnya berkisar 700 orang. Teknis jadwal peserta berikutnya diatur sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh panitia penyelenggara, yang akan diakhiri pada Minggu (11/10/2015).
Seperti tahun sebelumnya Training ESQ diselenggarakan oleh The ESQ Way 165 yang dipimpin oleh DR. H.C. Ary Ginanjar Agustian. Menurut Ary, ESQ menyatukan tiga kecerdasan yaitu spiritual, emotional dan intellectual sehingga mampu membangkitkan sleeping Giant dalam diri orang, menjadi manusia paripurna yang mampu menghadapi tantangan zaman. Lebih lanjut dikatakan Ary, ESQ seperti oksigen, natural dan tidak berwarna. Sehingga tidak berafiliasi pada kepentingan tertentu baik agama maupun politik.
Dalam kata sambutannya, Rektor UNS, menekankan bahwa 15 tahun ke depan republik ini akan dipimpin oleh kader bangsa dan pemuda yang saat ini berusia 19 tahun. Menyongsong Indonesia Emas tahun 2030 dan Era Asia sangat dibutuhkan para pemuda yang memiliki kemampuan paripurna, artinya tidak hanya kemampuan di bidang hardskill (kompetensi akademis) namun juga softskill (kemampuan pendamping). Terlebih lagi tahun 2030 UNS telah mencanangkan sebagai universitas berkelas dunia (World Class University), karena itulah saat sekarang ini mahasiswa UNS harus memiliki bekal kemampuan dibidang intelektual, emosional dan spritual. Percuma memiliki lulusan yang cerdas dengan IPK yang tinggi, namun kalau tidak dibarengi dengan integritas dan spritual yang memadai justru akan merugi bangsa ini.
Lebih lanjut ditegaskan oleh Ravik, bahwa pada masanya nanti para mahasiswa yang saat ini masih menempuh studi akan mendapat bonus demografi, yang mengisyaratkan bahwa jumlah usia produktif lebih banyak daripada yang tidak produktif. Karena itu, mau tidak mau, saat ini mahasiswa harus mempersiapkan diri baik-baik. Melalui Training ESQ dan Character Building, merupakan salah satu upaya untuk mempersiapkan diri, mahasiswa diharapkan akan mendapatkan bekal kemampuan baik di bidang intelektual, emosional dan spiritual yang sangat bermanfaat ketika nanti terjun di lapangan kerja. (Ro

About bangdarso

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top