Wednesday , 20 September 2017

Jagal Abilawa Cross Country

Rektor UNS Bersama Anggota KMS Menwa UNS Berpoto Bersama Selesai Upacara Jagal Abilawa Cross Country

Rektor UNS Bersama Anggota KMS Menwa UNS Berfoto Bersama Selesai Upacara Jagal Abilawa Cross Country

Dalam rangka memperingati HUT Republik Indonesia ke-70, Korps Mahasiswa Siaga (KMS) Resimen Mahasiswa (Menwa) Batalyon 905 Jagal Abilawa menyelenggarakan kegiatan “Jagal Abilawa Cross Country”. Kegiatan ini meliputi tiga macam yang dilaksanakan secara berturut-turut, yakni Lomba Halang Rintang, diselenggarakan Jumat (11/09/2015), Seminar Nasional dengan tema “Revolusi Mental Civitas Academika Dilihat dari Aspek Bela Negara” diselenggarakan Sabtu (12/09/2015), serta Lomba Lintas Wisata pada Minggu (13/09/2015). Seluruh rangkaian kegiatan kali ini, menurut rencana, akan diikuti oleh anggota Menwa dari 11 Perguruan Tinggi, diantaranya Menwa Universitas Sriwijaya (UNSRI) Palembang, Politeknik Dharma Patria Kebumen, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP), Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Universitas Slamet Riyadi Surakarta (UNISRI), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Dian Nuswantoro Semarang (UDINUS) dan UNS.

Lomba Halang Rintang diselenggarakan di Batalyon Infantri 413 Mojolaban, Sukoharjo, bertujuan untuk menjadikan mahasiswa yang tergabung dalam Resimen Mahasiswa tetap tanggap, sekaligus juga mengingatkan kepada generasi muda bagaimana para pahlawan Indonesia membela dan berjuang demi kesejahteraan bangsa dan keutuhan NKRI.
Terkait dengan hal tersebut Rektor Universitas Sebelas Maret, Prof. Dr. Ravik Karsidi, M.S., yang juga selaku inspektur upacara mengingatkan agar pemuda, khususnya mahasiswa dan anggota Resimen Mahasiswa harus menjadi garda terdepan dalam mempertahankan keutuhan NKRI. Ravik dengan tegas mengatakan, NKRI adalah harga mati!

Sementara itu Seminar Nasional yang merupakan salah satu rangkaian acara di atas akan diselenggarakan di UNS, dengan menampilkan dua pembicara yakni Indriyanto, S.H., M.Hum. selaku Wakil Komandan Skomen Mahadipa Jawa Tengah dan Lukman Hakim, S.E., M.Si., Ph.D., Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNS. Kegiatan yang terinspirasi dari pencanangan “Gerakan Revolusi Mental” oleh Presiden Jokowi ini akan diikuti oleh mahasiswa, perwakilan Resimen Mahasiswa se-Indonesia serta masyarakat umum lainnya.

Candi Cetho Salah Satu Kawasan Wisata Budaya Eksotik di Kabupaten Karanganyar

Candi Cetho Salah Satu Kawasan Wisata Budaya Eksotik di Kabupaten Karanganyar

Adapun Lomba Lintas Wisata dilaksanakan dengan rute Candi Cetho hingga ke Candi Sukuh wilayah Karanganyar, kegiatan ini dimaksudkan untuk membangkitkan cinta tanah air dan dalam rangka memupuk kekompakan para pesertanya. Saat memberikan sambutan, Ravik menegaskan bahwa Candi Cetho dan Candi Sukuh merupakan warisan peninggalan budaya bangsa Indonesia, khususnya yang ada di Pulau Jawa. Keberadaannya menjadi pertanda bahwa bangsa kita sejak dulu telah mengenal kebudayaan yang berperadaban. Karena itu tidak ada salahnya mahasiswa mengenal lebih jauh warisan budaya bangsa kita. Melalui kegiatan ini diharapkan semakin meningkatkan pemahaman mahasiswa akan peninggalan budaya bangsa.

Ravik menambahkan, Candi Cetho dan Candi Sukuh merupakan tempat yang berada di kawasan Gunung Lawu, di mana kawasan tersebut sangat terkenal dengan biodiversitas (keanekaragaman bentuk kehidupan dalam ekosistem) terlengkap di dunia. Sehingga tempat tersebut sangat layak untuk dikunjungi dan merupakan tempat yang tepat untuk Lomba Lintas Wisata.

Dalam rilis yang disampaikan KMS Menwa Yon 905 Jagal Abilawa UNS, semua rangkaian kegiatan di atas dimaksudkan sebagai upaya untuk meningkatkan citra diri universitas sebagai institusi pendidikan yang siap bersaing di kancah internasional. Di samping itu juga sebagai wadah generasi muda, khususnya Resimen Mahasiswa untuk bisa berkontribusi bagi bangsa dan negara. (Romawaluni)

About bangdarso

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top