Friday , 22 September 2017

Jurnalistik 2016 : 18 Mahasiswa UNS Digembleng Penulisan Artikel

BOYOLALI –  Sebanyak  18 orang mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta dari berbagai fakultas mengikuti Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut yang diselenggarakan di d’Green Kayon Airport Hotel, Ngemplak, Boyolali.

Pelatihan yang berlangsung dari Jumat (11/11/2016) hingga Minggu (13/11/2016) tersebut menghadirkan beberapa pembicara, yakni Dr Sri Hascaryo yang mengupas masalah fotografi jurnalistik, Alfian Mujani dari media Bogor Today  dan Suhamdani dari Joglosemar yang berbicara mengenai teori dan praktik menulis artikel ilmiah popular di media massa.

Dalam sambutan pembukaannya, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Prof Dr Ir Darsono MSi mengatakan, pelatihan tersebut digelar untuk memperdalam pengetahuan dan mengasah keterampilan mahasiswa jurnalistik.

“Selain tentunya mengasah keterampilan intelektual mahasiswa secara kritis, ilmiah, santun serta memiliki nilai jurnalistik yang baik,” paparnya.

Prof Darsono menjelaskan,  jurnalis merupakan profesi mulia, karena melalui tangannya, hari biru dan dinamika kehidupan ini ditentukan. Melalui tulisannya, jurnalis dan penulis mampu membentuk opini publik, sekaligus menggerakkan pikiran masyarakat.

“Bahkan di zaman kemerdekaan, jurnalis memiliki peran yang sangat penting dan ikut mewarnai politik di tanah air ketika itu,” bebernya.

Sementara dalam kesempatan pertama, peserta tampak antusias mengikuti paparan Pemimpin Redaksi Joglosemar, Suhamdani mengenai penulisan ilmiah popular di media massa. Antusiasme itu terlihat saat sesi tanya jawab berlangsung, di mana cukup banyak mahasiswa yang mempertanyakan mengenai teknis penulisan, cara pengiriman hingga masalah etika penulisan. Namun ada juga sebagian mahasiswa yang melakukan sharing pengalaman terkait penulisan opini. Ari Purnomo

Sumber : https://joglosemar.co/2016/11/18-mahasiswa-uns-digembleng-penulisan-artikel.html (Edisi Cetak Sabtu, 12 Nopember 2016)

About muhgus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top