Tuesday , 24 April 2018
Laporan Kegiatan BMT (Business Motivation Training) Angkatan 13 tahun 2017 Universitas Sebelas Maret

Laporan Kegiatan BMT (Business Motivation Training) Angkatan 13 tahun 2017 Universitas Sebelas Maret

Kegiatan pelatihan bisnis atau BMT Angkatan 13 yang dilaksanakan selama 2 hari, yaitu pada tanggal 10 – 11 Februari 2017 yang dilaksanakan di Kebumen, telah terlaksana dengan baik.  Kegiatan BMT yang bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa yang akan mengikuti PKM-K serta memotivasi sekaligus membekali mahasiswa untuk menjadi wirausahawan muda.

Pelatihan ini dibuka langsung oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Dr. Ir. Darsono, M.Si, yang memberikan arahan serta sambutan kepada mahasiswa peserta Pelatihan Bisnis yang pertama kali dilaksanakan di Kebumen.

(Kiri-Kanan) Drs. Rohman Agus Pratomo, Prof. Dr. Ir. Darsono, M.Si, Drs. Suhartono, M.Pd, Drs. Sutarno, S.Sos dalam Prosesi Pembukaan

Agenda yang pertama peserta diajak berkunjung ke UMKM KUB Pandan Sari yang terletak di desa Grenggeng Kecamatan Karanganyar Kabupaten Kebumen, yang merupakan sentra pengrajin Daun Pandan, untuk melihat dan belajar dari Praktisi Bisnis, sehingga peserta dapat semakin termotivasi serta mengambil ilmu dari pelaku UMKM. Disana peserta melihat proses dari awal pembuatan tas, topi, sandal, dompet yang berbahan dasar dari anyaman daun pandan. Kemudian tempat UMKM yang kedua, peserta berkunjung pada UMKM Sentra pembuatan Kripik Tempe di Karanganyar, disana juga banyak sekali peserta diberikan wawasan tentang proses pembuatan sampai dengan pemasaran dari produk yang mereka buat.

Salah satu peserta Pelatihan BMT mencoba menganyam olahan daun pandan.

Etalase Produk anyaman daun pandan KUB Pandan Sari Kebumen

Pada sesi berikutnya Peserta mendapatkan Materi di dalam ruang  “To be Enterpreneur” oleh Dr. Ir. Edy Triharyanto, MP dengan semangat dan memotivasi mahasiswa untuk berjiwa Enterpreneur. Berikutnya materi oleh Tutik  Susilowati, S.Sos, M.Si. Setelah break dan ishoma, Materi yang terakhir adalah Motivasi dalam Penulisan PKM-K oleh Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum menutup hari yang pertama.

Dr. Ir. Eddy Triharyanto, MP menyampaikan materi

Tutik Susilowati, S.Sos, M.Si menyampaikan materi

Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum menyampaikan materi

Pada hari berikutnya adalah materi tentang Penulisan PKM-K oleh Yuniawan Hidayat, S.Si, M.Si dan I.F. Nurcahyo, S.Si, M.Si, serta dilanjutkan penyusunan Proposal PKM-K secara mandiri. Selesainya acara tersebut ditutup dengan prosesi penutupan oleh Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni, Drs. Rohman Agus Pratomo di temani oleh Kepala Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Kebumen, Drs. Suhartono, M.Pd, dilanjutkan foto bersama peserta.

(kiri-kanan) I.F. Nurcahyo, S.Si, M.Si, Yuniawan Hidayat, S.Si, M.Si menyampaikan materi.

(kiri-kanan) Drs. Rohman Agus Pratomo, Drs. Suhartono, M.Pd, dan Drs. Sutarno, S.Sos
melakukan prosesi penutupan.

Foto Bersama Peserta dan Panitia Kegiatan BMT Angkatan 13 di Kebumen

Berikut kami sampaikan keseluruhan dokumentasi kegiatan: Dokumentasi BMT Angkatan 13 Tahun 2017.

(yrt)

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top